Tempat Wisata di Bandung Raya

Sejak pandemi COVID-19 terjadi di Jawa Barat, puluhan tempat wisata di Bandung Raya terdampak. Akibatnya, selama 3-4 bulan, tempat wisata di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang ditutup sementara. Namun sejak diberlakukannya relaksasi ekonomi di Provinsi Bandung Besar, obyek-obyek wisata mulai dibuka kembali dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Hasilnya tiket kereta sudah mulai diborong para calon pengunjung, untuk anda dari Surabaya, tentu solusi terbaiknya adalah tiket kereta Surabaya Bandung yang saat ini sudah mudah untuk didapatkan. Wisata dikota Bandung memang sangat menyenangkan banyak sekali tempat wisata yang bisa menjadi pilihan akhir pekan anda salah satunya seperti dibawah ini.

1. Wisata Kota Bandung

Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di kota bandung hanya Saung Angklung Udjo yang bisa beroperasi, selebihnya belum. Namun, saat ini tiga objek wisata yaitu Kebun Bintang Bandung, Taman Lalu Lintas dan Karang Setra tidak diimbau jika mematuhi protokol kesehatan dan melakukan simulasi. Pasalnya, pembatasan sosial skala besar (PSBB) masih diterapkan di Kota Bandung. Selain itu, Kota Bandung masih berada di zona kuning sehingga sektor pariwisata belum sepenuhnya terbuka.

2. Mengunjungi kota Cimahi

Tempat wisata di kota ini tidak banyak, karena di kota yang hanya memiliki tiga kabupaten ini hanya memiliki sejumlah tempat wisata, salah satunya adalah Wisata Alam Kampung Adat Cirendeu. Berbeda dengan kabupaten lain di Bandung Raya, di Kota Cimahi, fasilitas umum seperti taman atau bangunan bersejarah dimanfaatkan warga sebagai alternatif objek wisata.

3. Pariwisata Kabupaten Bandung

Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) telah membuka sederet tempat wisata di Kabupaten Bandung. Tempat wisata yang sudah dibuka antara lain Emte Highland, Glamping Lakeside, Ranca Upas, Situ Cileunca, Situ Cisanti dan Gunung Puntang. Ada juga Dago Dream Park, Puncak Bintang, Hanging Coral dan lain-lain.

Sementara beberapa sudah dibuka, ada tempat wisata di Kabupaten Bandung yang belum dibuka, antara lain Kawah Putih, Situ Patenggang, Air Panas Cimanggu, Air Panas Cibolang, dan Desa Singkur. Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan ada beberapa syarat yang harus diberlakukan agar kunjungan buka pada 6 Juni mendatang.

4. Pariwisata Kabupaten Bandung Barat

Hampir seluruh tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat telah dibuka, meskipun dibuka secara bertahap dari jam buka hingga jumlah kunjungan tidak normal seperti sebelum wabah COVID-19. Pembukaan objek wisata di Kabupaten Bandung Barat dilakukan setelah PSBB berakhir. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB David Oot, pertama kali membuka objek wisata alam.

5. Pariwisata Kabupaten Sumedang

Tempat-tempat wisata yang juga sudah dibuka di Kabupaten Sumedang antara lain Puncak Damar Jatigede, Air Terjun Sindulang, Cihonje, Tahura Gunung Kunci, Curug Ciputrawangi, Curug Girobog, Tasik Biru Situ Ciembang, dan lain-lain. Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, pembukaan obyek mendapat perhatian khusus. Pihaknya akan melakukan kajian mendalam agar dibukanya tempat wisata tidak menyebabkan kasus Corona semakin meningkat di Sumedang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang (Disparbudpora) Hari Trisantoso mengaku telah membentuk tim khusus untuk memantau setiap objek wisata yang kembali beroperasi saat wabah Corona terjadi. Pihaknya akan bekerja sama dengan Satpol PP dan kepolisian dalam melakukan pengawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *