Pengertian dan Komponen Penyusun Sistem Komputer

Komputer adalah perangkat elektronik yang telah menjadi perangkat yang sering digunakan oleh banyak orang. Sistem komputer terdiri dari 3 komponen dasar, yaitu perangkat keras, perangkat lunak, dan produk otak. Jika salah satu komponen dasar ini hilang atau hilang, sistem komputer tidak berfungsi secara optimal.

Sebaliknya, jika perangkat keras tidak lengkap, perangkat lunak tidak akan berfungsi dengan baik. Perangkat lunak dibagi menjadi dua kelas, yaitu:

Sebuah. Perangkat lunak sistem yang berfungsi sebagai sistem operasi komputer. Perangkat lunak sistem bertanggung jawab untuk mengatur dan mengendalikan pekerjaan perangkat keras dan perangkat lunak aplikasi di komputer. Dengan kata lain, perangkat lunak sistem adalah perangkat yang menghubungkan pengguna ke komputer. Contohnya adalah Windows, Macintosh dan Linux.

B. Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan pengguna. Contoh perangkat lunak aplikasi adalah Microsoft Office, Open Office, iWork, dll.

C. Item Otak untuk Komputer – adalah orang yang mengoperasikan komputer. Ada banyak istilah lain untuk produk otak, seperti pengguna, humanware, programmer, administrator, spesialis jaringan, teknisi, pengguna komputer, dll. Sistem komputer yang terdiri dari perangkat keras dan lunak tidak dapat berjalan tanpa instruksi atau perintah dari produk otak ini.

Ketiga komponen ini bekerja bersama dengan saling mendukung dan saling ketergantungan, memungkinkan sistem komputer berfungsi secara optimal. Ini adalah gagasan tentang sistem operasi komputer dan komponen dasar. Semoga ini bermanfaat.

Leave a Reply