Pengertian Ambiguous Genitalia

Berbagai jenis penyakit ataupun gangguan kesehatan yang bisa dikatakan masih langka di sekitar kita harus diketahui sebagai upaya pencegahan kepada masyarakat. Hanya saja dari sisi pengertian setiap gangguan kesehatan sekarang bisa diakses di berbagai media. Sampai akhirnya masyarakat bisa mengerti apa itu pengertian ambiguous genitalia.

Dari sisi pengertian gangguan genital ini ternyata mudah dipahami. Sehingga ada beberapa faktor penyebab yang terjadi secara bertahap. Ambiguous Genitalia ini bisa terjadi pada bayi perempuan dan laki-laki, sehingga ada beberapa karakteristik yang wajib dicermati oleh semua pihak termasuk orang tua.

Secara keseluruhan, ambiguous genitalia ini menjadi satu kondisi tidak lazim yang mana terjadi pada bagian alat kelamin eksternal bayi. Dari sisi bentuk gangguan di eksternal pada bayi perempuan atau laki-laki tidak terlihat dengan jelas. Perbedaan bentuk ataupun bisa dibilang wujud dari alat kelami bayi tidak dapat terbentuk sempurna. Selain itu ada prediksi bahwa kemungkinan dari bayi perempuan ataupun laki-laki memiliki kecenderungan alat kelamin ganda.

Pada kondisi bayi dengan ambiguous genitalia biasanya memiliki tipe organ eksternal yang tidak sesuai dengan bentuk organ seks internalnya. Pada dasarnya ambiguous genitalia ini bukan menjadi satu penyakit. Namun, pada dasarnya adalah tanda bahwa satu kondisi yang memberi pengaruh pada perkembangan seksual bayi perempuan ataupun laki-laki.

Perlu dicermati dari sisi pengertian ambiguous genitalia sudah dianggap bukan jadi penyakit namun menjadi wujud dari gangguan pada area seks eksternal ataupun pada bagian internalnya. Proses dari gangguan genital ini bisa tampak jelas dalam durasi tertentu setelah kelahiran. Bahkan tim medis juga bisa membantu untuk melihat seperti apa penyebab terjadinya kondisi ambiguous genitalia. Kemudian, dari sisi bimbingan konseling untuk memberi keputusan seputar jenis kelamin yang dominan pada bayi biasanya dilakukan dalam waktu cukup cepat.

Faktor Resiko Ambiguous Genitalia

Selain mencermati apa pengertian dari ambiguous genitalia ini, ternyata masih ada faktor resiko yang berhubungan dengan kondisi tersebut. Lalu seperti apa faktor resiko terburuk yang bisa terjadi pada kondisi bayi ambiguous genitalia?

Kematian Tanpa Sebab

Meskipun kasusnya masih tidak cukup tinggi, namun dilansir dari pengertian ambiguous genitalia ini ada resiko kematian tanpa sebab yang jelas terutama pada usia bayi masih dini. Hal tersebut bisa terjadi karena kondisi tubuh tidak stabil hingga membuat terjadinya komplikasi hingga menyebabkan kematian.

Infertilitas

Berikutnya masih ada resiko dalam jangka panjang baik itu bayi perempuan ataupun laki-laki yakni ketidaksuburan atau infertilitas. Hal ini akan terjadi pada suai dewasa kelak ataupun pada masa anak-anak. Gangguan dalam hal penentuan jenis kelamin yang paling dominan biasanya membuahkan efek infertilitas.

Kelainan Genital

Salah satu faktor resiko yang sering terjadi pada bayi penderita ambiguous genitalia ini adalah adanya kelainan baik dari bentuk atau pun fungsi genital. Sudah menjadi resiko gangguan ambiguous genital yang mana akan mengganggu sistem ataupun fungsi dari area genital sebuah bayi. Pada usia dewasa rata-rata akan ada langkah operasi agar semua fungsinya bisa berjalan sesuai rencana.

Meskipun dari pengertian ambiguous genitalia sudah lebih mudah kita cermati dan pahami, namun pada beberapa kasus angka kematian bayi akibat ambiguous genitalia ini masih tidak cukup besar. Hanya saja dari beberapa kasus harus ada bimbingan dan konseling genetik secara intens untuk bisa mencegah terjadinya kematian akibat ambiguous genitalia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *